Selasa, 08 Maret 2011

Web Interaktif Dengan Augmented Reality (AR)

Pekan Lalu, ketika saya sedang berkuliah IMK pak dosen menceritakan tentang teknologi Augmented Reality(AR). Saya sedikit asing ketika mendengar kata-kata itu. Setelah selesai kuliah akhirnya saya numpang googling di kampus untuk mencari info mengenai AR ini. Ternyata banyak juga jenis dari AR ini, dan saya masih belum benar-benar paham mengenai hal ini, namun secara sederhana saya menangkap bahwa AR ini suatu teknologi untuk merepresentasikan dunia nyata kedalam simulasi komputer. Jika rekan-rekan ingin lebih tau mengenai AR ini, rekan-rekan sekalian dapat memulai pencarian informasi AR dari wikipedia.

Setelah beberapa saat saya browsing, akhirnya saya menemukan sebuah web interaktif yang menurut saya masih jarang saya temui saat ini. Website tersebut menggunakan teknologi AR tersebut yang menggunakan input berupawebcam komputer dan sebuah kontroler berupa sebuah kertas yang dapat kita cetak sendiri setelah itu kita dapat berinteraksi dengan web tersebut melalui webcam.

Website tersebut merupakan milik perusahaan mobil terkenal nissan, yang mana website tersebut berisikan modeling mobil nissan keluaran baru tipe 370Z, mungkin rekan-rekan sudah pensaran mengenai website ini. jadi langsung saja berikut saya akan menampilakan beberapa gambar demo dari website tersebut atau mukin rekan-rekan sekalian dapat mengunjungi website berikut : TKP untuk dapat langsung mencoba berinteraksi dengan website tersebut

berikut potongan gambar demo web tersebut:

  • Langkah pertama kontroler berupa kertas (dalam hal ini berbentuk stir mobil) kita hadapkan ke depan webcam komputer kita.

AR1

  • Setelah posisi kontroler sesuai, maka akan tampil gambar mobil 3D di dalam layar
ar2

  • Setelah itu kita dapat melihat keseluruhan mobil dari berbagai sudut pandang dengan memutar kontroler tadi dan ketika kita memutar kontroler tersebut, mobilpun ikut berputar
ar3

mungkin sekian ulasan dari saya, mungkin bagi rekan-rekan sekalian dapat mencuba langsung dengan mengunjungiwebsitenya secara langsung.

mohon koreksi serta komentar dari rekan-rekan sekalian..

9 komentar:

  1. website yang unik dan simple dalam penyampaian informasi dalam bentuk format 3D yang dapat divisualkan dengan bantuan webcam...
    penyampaian informasi yang seperti ini yang diharapkan bisa memberikan kesan yang mendalam dalam mendapatkan informasi...

    BalasHapus
  2. keren-keren, di awal emang menarik
    cuma klo kelamaan pegel jg tuh tangan, udah gitu cari koordinat posisinya dengan kamera harus pas, klo meleng sedikit ga kedetek kayaknya tuh,..

    BalasHapus
  3. saya pernah mencobanya ini, keren ya.. coba aja kalo bisa menampilkan oplet nya si Doel, kan lebih seruu...

    BalasHapus
  4. @ dias : ye terlihat lebih nyata gitu
    @ haris : memang butuh sedikit perjuangan :D
    @ rony : mungkin kalo opletnya di produksi ulang bisa tuh :)

    BalasHapus
  5. Saya akan mencoba menganalisis dari segi IMKnya saja, perkembangan technologi memanfaatkan webcam memang cukup bagus, dengan sensor citra digital. tetapi agaknya dari segi IMK terlihat ketidakpraktisan dari technologi ini.

    User yang ingin mencoba, harus mempunyai Webcam, printer untuk mencetak "wheel", selain itu, karena presisi citra digital yang cukup detail, beberapa user kesulitan memfokuskan ke titik agar gambar jelas terlihat.

    Dari sisi website, agaknya developer tidak mempertimbangkan user lain yang tidak memiliki webcam maupun printer, karena hanya menampilkan video yang statis.

    BalasHapus
  6. Teknologi Augmented Reality memang kere, user jadi serasa melihat aslinya, bukan tidak mungkin nantinya smua website ato hp akan menggunakan teknologi ini.
    diindonesia saja udah ada http://www.kompas.com/ar/archive.php
    nice

    BalasHapus
  7. wew...sebuah terobosan baru di dunia website...
    tapi memang menurut saya website ini hanya utk kalangan tertentu saja, karena beberapa kompleksitas dari penggunaan website ini...
    semoga teknologi AR benar akan terealisasi ke seluruh aspek komputerisasi nantinya...

    BalasHapus
  8. @ cory : hohoho masih bingung gimana bikinnya ya
    @ jefry : edun kompas juga udah bisa toh (woot)

    BalasHapus